Kemenkumham: Jhon Key Ikut Nyoblos di Lapas Batu Nusakambangan – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah memastikan terdapat 6.503 narapidana di wilayahnya hari ini ikut menentukan hak pilihnya. Ribuan penghuni lapas itu tersebar di 44 lapas dan rutan.

Ilustrasi. Proses coblosan di Sambirejo Gayamsari. (fariz fardianto/metrojateng.com)

 

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemkumham Jateng, Masaridan, mengaku telah menginstruksikan kepada semua petugas lapas untuk lemburan sampai dini hari nanti untuk memastikan kelancaran penghitungan suara di semua lapas dan rutan.

“Kami lemburan hingga pukul 24.00 WIB. Sebab nanti teman-teman UPT dan pihak lapas terus berkoordinasi dengan KPU untuk menghitung partisipasi pemilih di tiap lapas,” katanya saat meninjau Lapas Kedungpane.

Hal ini, menurutnya sudah direncanakan jauh-jauh demi menyukseskan kelancaran Pemilu 2019. Pihaknya juga melibatkan tim Disdukcapil dan KPU masing-masing daerah untuk memastikan jalannya pencoblosan di dalam lapas dan rutan.

Seperti mekanisme di masyarakat umum, katanya coblosan di lapas juga mewajibkan menggunakan e-KTP dan surat keterangan (Suket) sesuai aturan KPU. “Kami maksimalkan penggunaannya sampai jam dua belas malam nanti,” bebernya.

Ia menyebut pemilih terbanyak berada di Lapas Kedungpane mengingat tingkat huniannya paling tinggi. Ada sekitar 1.700 narapidana yang menghuni Lapas Kedungpane.

“Semua narapidana yang ada saat ini tidak ada yang dicabut hak pilihnya. Syaratnya kalau mau nyoblos hanya e-KTP,” tuturnya.

Masaridan mengungkapkan proses coblosan juga diikuti para narapidana yang menghuni Pulau Nusakambangan, Cilacap. “Seperti Jhon Key juga punya hak pilih buat nyoblos hari ini. Yang penting dia punya e-KTP. Mereka (narapidana Nusakambangan) tetap mencoblos. Baik itu yang di sel high risk maupun medium security. Kayak Jhon Key sekarang kan sudah dipindah ke Lapas Batu. Dia ditempatkan di sel kelas Minimum Security,” cetusnya. (far)

 


Artikel yang berjudul “Kemenkumham: Jhon Key Ikut Nyoblos di Lapas Batu Nusakambangan – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.