Kesalahan Input Data, Perolehan Suara Jokowi-Ma’ruf Melonjak di Desa Ini – Kilasbaca.com

Pilpres 2019

Kekeliruan tersebut membuat raihan suara Jokowi-Ma’ruf bertambah jadi 600 suara dari kondisi semula hanya dapat 104 suara.

SEMARANG – Kesalahan petugas menginput data berdampak fatal pada perolehan suara Pilpres. Salah satunya terjadi di TPS 09, Desa Demangsari, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Petugas di TPS tersebut keliru memasukan data suara dalam mesin Sistem Informasi Hitung (Situng).

Proses rekapitulasi data di Kecamatan Gatak, Sukoharjo. Foto: metrojateng.com

Kekeliruan tersebut membuat raihan suara Jokowi-Ma’ruf bertambah jadi 600 suara dari kondisi semula hanya dapat 104 suara. Sedangkan untuk perolehan Prabowo-Sandi tetap sama yaitu 74 suara. Fakta tersebut diketahui pada Selasa (23/04/2019) siang. Hal itu dikonfirmasi oleh Komisioner Divisi Teknis KPU Jawa Tengah, Ikhwanudin.

Dikatakan dia, ada perbedaan data antara form C1 dengan aplikasi Situng KPU di Kebumen. Ia menyebut, hal itu murni kesalahan petugas TPS dalam menginput data rekapitulasi suara. “Memang terjadi salah input data dan sudah dilaporkan ke operator pusat (KPU) untuk dibetulkan,” katanya.

Ia memastikan jika kasus itu telah dikoreksi dengan pihak KPU daerah melaporkan ke operator. “Sudah dikoreksi dan yang bisa membetulkan adalah operator pusat,” tambahnya.

Ia menganggap kesalahan input data Situng murni human error saat rekapitulasi berlangsung. Ia meminta masyarakat bisa menanggapi persoalan itu dengan bijak. Karena yang harus dipahami bahwa perhitungan yang dipakai nantinya tetap hasil pleno perhitungan suara manual. (far)


Artikel yang berjudul “Kesalahan Input Data, Perolehan Suara Jokowi-Ma’ruf Melonjak di Desa Ini – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.