Antisipasi Kemacetan, Dishub Sediakan Area Parkir Angkutan Barang di Baruna – Kilasbaca.com

SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang mulai mengantisipasi melonjaknya jumlah kendaraan berat seperti truk tronton angkutan barang di bulan puasa dan menghadapi Lebaran tahun ini. Selama puasa dan menjelang Lebaran diharapkan lalu lintas tetap lancar.

Lahan parkir di Kawasan Baruna yang sediakan pemerintah sudah mulai digunakan untuk parkir angkutan kendaraan barang, Senin (13/5/2019). metrojateng.com

Langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan menyediakan area parkir khusus kendaraan angkutan barang yang berlokasi di sekitar Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Tepatnya di Kawasan Baruna di Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang, Senin (13/5/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Mukhammad Khadik mengatakan, kendaraan truk tronton bermuatan barang selama ini sering parkir sembarangan di tepi jalan menuju pelabuhan. Kondisi tersebut mengganggu arus lalu lintas dan membuat pemandangan semrawut.

Bahkan, menurutnya, kadang terdapat ‘bangkai ‘truk yang ditinggalkan begitu saja di tepi jalan. Truk tronton parkir liar banyak terlihat di sepanjang Jalan Arteri Yos Sudarso dan juga Jalan Ronggowarsito, yang di antaranya sedang mengalami perbaikan mesin atau ban bocor.

‘’Area parkir angkutan kendaraan barang yang disediakan ini kerjasama dengan pihak swasta yaitu PT IPPU yang menyediakan lahan. Pemkot sebenarnya telah menyediakan area parkir di eks Terminal Terboyo, tapi diperkirakan hanya akan mampu menampung separo dari 2.800 armada yang potensi akan parkir menurut Organda dan Aprindo,’’ ujar Mukhammad Khadik saat acara pembukaan area parkir angkutan barang di Kawasan Baruna, Senin (13/5/2019).

Dengan penyediaan area parkir ini harapannya akses jalan dari arah Selatan, Barat dan Timur menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas Semarang bisa steril dari parkir liar truk tronton. Area sekitar pun akan menjadi lebih rapi dan indah dipandang.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Khusus Pelabuhan Tanjung Mas, Slamet Usman mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya fasilitas untuk area parkir di sekitar pelabuhan tersebut.

Diakui kondisi Pelabuhan Tanjung Mas Semarang memang berbeda dengan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Di Surabaya disebutkan pelabuhannya sudah tertata lebih rapi termasuk sudah tersedia area parkir khusus truk yang difasilitasi oleh PT Pelindo.

‘’Kalau di Semarang tidak difasilitasi Pelindo karena memang tidak ada lahan. Truk terpaksa banyak yang parkir di sepanjang jalan di sekitar Pelabuhan, seperti di Jalan Usman Janatin, Jalan Ronggowarsito, Mpu Tantular serta sepanjang Jalan Alteri Yos Sudarso sampai Kalibanteng. Jadi, kami berterimakasih dengan disediakannya fasilitas parkir ini,’’ terangnya.

Menurutnya, data Organda di Pelabuhan Tanjung Mas tercatat saat ini ada 200 perusahaan dengan kurang lebih sekitar 1.000 armada truk maupun tronton yang beroperasi setiap hari. Pihaknya juga berharap armada ini tidak akan parkir sembarangan lagi.

‘’Truk dan tronton diharapkan tidak parkir sembarangan lagi. Karena untuk kapasitas daya tampung area parkir di Kawasan Baruna ini cukup banyak bisa menampung kurang lebih 500 kendaraan,’’ katanya. (duh)

 


Artikel yang berjudul “Antisipasi Kemacetan, Dishub Sediakan Area Parkir Angkutan Barang di Baruna – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.