Asah Kreativitas Siswa lewat Pengenalan Robot – Kilasbaca.com

SEMARANG – Bagi anak usia SD merakit robot merupakan kegiatan yang tampak asing. Namun, untuk mengenalkan itu SD Tambangan 01 Kota Semarang bekerja sama dengan perusahaan di bidang software dan digital market dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Ardata, Sabtu (18/5/2019).

Tim Ardata dari Unnes mengenalkan ke siswa SD Tambangan 01 Semarang tentang robotika. Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Direktur Ardata, Ardian Rizki Rahmawan, memaparkan tentang manfaat belajar robotik ke siswa. Dengan mengenal bidang robotik dapat merangsang rasa ingin tahu siswa, membantu pertumbuhan intelegensi, melatih siswa untuk mampu berpikir secara sistematis dan terstruktur, melatih kemampuan motorik halus anak, merangsang kreativitas, kemampuan berinovasi serta kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Selain itu, juga mengajak anak untuk sejak dini mampu bekerja sama sebagai tim, karena robotik adalah tentang team work, dan melatih kesabaran, mengingat belajar robotik adalah proses percobaan.

Tim dari Ardata memberikan kesempatan kepada siswa SD Tambangan 01 untuk praktik merakit robot, mengenalkan bagaimana cara membuat coding untuk memberikan perintah kepada robot, hingga dapat menjalankan robot mobil menggunakan ponsel.

Ardian yang juga alumni SD Tambangan 01 ini sangat senang dapat memberikan kontribusi kepada almamaternya. “Saya berharap ada kesempatan lain untuk dapat mengenalkan teknologi masa datang kepada siswa SD. Agar mereka tidak gagap teknologi dan dapat mempunyai literasi untuk masa depan yang hebat,” katanya.

Tak hanya Ardian, tim Ardata yang lain Zulham Azwar Achmad yang masih menjadi mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Unnes memaparkan, bagaimana cara menggunakan internet secara baik dan benar. Hal ini dilakukan agar para siswa dapat memanfaatkan internet dengan baik dan dapat menunjang kegiatan pembelajaran.

Kepala SD Tambangan 01, Haryo Wicaksono menyampaikan, sangat senang dengan adanya kegiatan ini, “Saya berharap anak didik kami dapat didampingi dalam pengenalan robotika hingga ke depan bisa mengikuti kompetisi,” katanya. (ang)


Artikel yang berjudul “Asah Kreativitas Siswa lewat Pengenalan Robot – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.