Atlet-atlet Pelajar Berjaya, Jateng Siap ‘Dikepoin’ Daerah Lain – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rachmadi mengapresiasi atlet-atlet pelajar yang baru saja sukses menyabet gelar juara di beberapa kejuaraan nasional. Prestasi tersebut menjadi indikator keberhasilan provinsi ini dalam pembinaan atlet muda.

Kepala Disporapar Jateng Sinung N Rachmadi menerima piala dari tim atletik yang menjadi juara di Bangka Belitung. Foto: metrojateng.com/tri wuryono

Atlet-atlet pelajar Jateng yang dibina Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) Disporapar Jateng keluar sebagai juara umum dalam tiga kejuaraan nasional yang digelar selama periode April hingga awal Mei 2019.

Prestasi pertama ditorehkan tim sepak takraw Jawa Tengah. Dalam Kejurnas Sepak Takraw antar PPLP/PPLPD/SKO di Polewali Mandar Sulawesi Barat, 8-13 April, Tim Jateng menjadi yang terbaik dengan menyabet lima medali emas. Tiga emas dihasilkan tim putra dan dua disumbangkan tim putri.

Hasil positif juga diukir Tim Wushu pelajar Jateng dalam Kejurnas Piala Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), 24-28 April 2019. Maria Ulfa dkk keluar sebagai juara umum dengan menyabet enam emas dan tiga perak. Hasil itu meningkat dari pencapaian tahun 2018 yang mengakhiri Kejurnas di peringkat ketiga.

Prestasi membanggakan juga digapai tim atletik Jateng yang berhasil menjadi juara umum Kejurnas Atletik antar PPLP/PPLPD/SKO di Bangka Belitung. Dalam kejuaraan yang berlangsung pada 27 April-2 Mei 2019 tersebut, atlet-atlet muda Jateng menyabet enam emas, dua perak dan tiga medali perunggu.

“Masih ada lagi dua atlet Jateng yang menyumbang emas untuk tim pencak silat Indonesia di Brussels Belgia. Hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa apa yang sudah dilakukan secara kolektif oleh Disporapar, KONI, Cabor, pelatih dan atlet sudah berjalan on the right track,” kata Sinung N Rachmadi usai apel pagi dan penyambutan atlet pelajar Jateng di halaman Disporapar Jateng, Senin (6/5/2019).

Sinung N Rachmadi menerima tim wushu Jateng yang menjadi juara umum Kejurnas Piala Rektor Unnes dengan torehan enam emas dan tiga medali perak. Foto: metrojateng.com/tri wuryono

“Capaian ini akan terus kami dorong dengan memperbanyak ikut event, sehingga mereka akan semakin berkembang. Hari ini mereka berprestasi untuk Jawa Tengah, tapi ke depan bukan hanya Jawa Tengah tapi untuk Indonesia di level internasional,” Sinung menegaskan.

Prestasi yang ditorehkan atlet pelajar Jateng tersebut, diakui Sinung bakal memacu daerah lain. Dan menurutnya, Jawa Tengah siap untuk menjadi tolok ukur pembinaan atlet muda.

“Tentu setelah ini seluruh BPLOP atau pengurus cabor dari provinsi lain akan datang untuk mengamati. Sebagai juara tentunya akan dibikin ‘kepo’ untuk mengulik rahasianya. Bagi kami tidak masalah dan ini akan jadi tantangan bagi Jawa Tengah,” imbuh Sinung.

Kepada atlet-atlet tersebut, pemerintah daerah akan mengakomodasi dalam hal pendidikan. “Karena ini levelnya pelajar, kami akan memfasilitasi untuk kebutuhan pendidikan mereka. Yang pasti tetap rendah hati dan terus berlatih untuk meningkatkan level kemampuan,” tandas Sinung. (twy)


Artikel yang berjudul “Atlet-atlet Pelajar Berjaya, Jateng Siap ‘Dikepoin’ Daerah Lain – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.