Delapan Kilogram Sabu dan Ribuan Botol Miras Dimusnahkan – Kilasbaca.com

SEMARANG – Polrestabes Semarang memusnahkan barang bukti sabu dan minuman keras (miras) berbagai jenis di Lapangan Pratisara Wirya, Kompleks Mapolrestabes Semarang, Kamis (2/5/2019). Total barang bukti yang dimusnahkan terdiri atas 8 kilogram sabu, 2.754 botol miras berbagai merek, dan 110 liter miras oplosan. Pemusnahan tersebut juga merupakan cipta kondisi jelang datangnya bulan Ramadan.

Wakapolrestabes Semarang AKBP Enriko Silalahi melakukan pemusnahan miras secara simbolis dengan melindas ribuan botol miras berbagai merek menggunakan alat berat.(metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

“Hari ini Polrestabes Semarang memusnahkan barang bukti sabu dan miras. Ini bukti kerja keras Polrestabes Semarang yang tetap konsisten dalam pemberantasan narkoba dan miras di wilayah Kota Semarang, khususnya sejak Januari hingga April 2019,” kata Wakapolrestabes Semarang AKBP Enriko Silalahi usai pemusnahan, Kamis (2/5/2019).

Wakapolrestabes Semarang AKBP Enriko Silalahi dan Direktur Resnarkoba Polda Jateng Kombes Pol Wachyono memasukkan barang bukti sabu ke dalam mesin incinerator. (metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

Barang bukti sabu seberat 8 kilogram merupakan hasil pengungkapan seorang pengedar narkoba bernama Rudy Rachman (33) warga asal Banjarmasin Barat. Tersangka ditangkap di sebuah kamar apartemen Candyland, Jalan Diponegoro, Semarang, pada Senin (8/4/2019), pukul 03.30.

Sebelum dimusnahkan, petugas kembali melakukan pembuktian untuk memastikan barang yang dimusnahkan adalah sabu. Sabu seberat 8 kilogram tersebut kemudian dimusnahkan dengan menggunakan mesin incinerator milik Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah. Pemusnahan juga disaksikan oleh Direktur Resnarkoba Polda Jateng Kombes Pol Wachyono, Kasat Resnarkoba Polrestabes Semarang AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Kabid Brantas BNNP Jateng AKBP Suprinarto, jajaran Kapolsek, dan perwakilan dari instansi terkait.

“Untuk pemusnahan barang bukti yang dilakukan pada hari ini, kurang lebih 8 kg sabu kemudian 100 liter miras yang mana ini merupakan hasil dari operasi kepolisian yang ditingkatkan di tahun 2019. Tadi bersama instansi terkait, kami musnahkan barang bukti tersebut. Sebelumnya juga kami buktikan bersama kalau barang bukti itu masih asli,” paparnya.

Enriko menambahkan, pemusnahan tersebut juga sebagai cipta kondisi menjelang bulan Ramadan. Diharapkan dengan adanya penindakan dan pemusnahan yang dilakukan, masyarakat bisa melaksanakan ibadah puasa dengan nyaman. Operasi cipta kondisi akan terus dilakukan dan ditingkatkan.

“Diharapkan dengan pemusnahan ini dapat menekan tindak kejahatan yang dipicu oleh konsumsi miras. Masyarakat diharapkan bisa bersama-sama menjaga ketertiban. Tempat-tempat hiburan juga akan dibatasi jam kerjanya,” tambahnya.

Kasat Resnarkoba Polrestabes Semarang AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan terkait proses hukum tersangka sabu dan miras masih terus berlanjut. Tersangka yang menyimpan 8 kilogram sabu saat ini masih dalam tahap penyidikan lebih lanjut.

“Kalau tersangka narkoba kami proses pidana. Untuk miras juga tetap diproses, kami kenakan Tipiring,” ungkapnya. (aka)


Artikel yang berjudul “Delapan Kilogram Sabu dan Ribuan Botol Miras Dimusnahkan – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.