Jelang Lebaran, Kebutuhan Daging Sapi Diprediksi Naik 400 Persen – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Wahyu Permata Rusdiana mengatakan, kebutuhan daging sapi menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 H diprediksi naik 400 persen. Namun pasokan daging dipastikan aman sehingga warga tidak perlu khawatir.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Wahyu Permata Rusdiana. (metrojateng.com)

‘’Biasanya H-5 Lebaran sudah mulai naik dua kali lipat, jadi dari RPH (rumah pemotongan hewan) sudah naik, lalu dari luar stok luar juga sudah naik. Nanti H-2, H-1 Lebaran justru hampir 400 persen kenaikannya. Terutama di RPH yang biasanya 25 jadi 100,’’ kata Rusdiana, Senin (20/5/2019).

Kebutuhan daging sapi di Kota Semarang sendiri mencapai 10-11 ton per hari. Yang dipenuhi dari RPH di Kota Semarang sebanyak 4-5 ton, sisanya dari luar daerah. Yaitu seperti didatangkan dari daerah Ngampel, Ungaran, dan Salatiga sebanyak 5-6 ton.

Dia menegaskan, ketersediaan daging sapi stoknya mencukupi. Hanya menjelang Lebaran harganya hampir dipastikan akan naik. Meski demikian, dia menyatakan kenaikan diperkirakan masih dalam batas toleransi karena tingginya permintaan.

‘’Seperti yang Bapak Wali Kota Semarang (Hendrar Prihadi) informasikan, bahwa ini mremo, (diperkirakan) paling kenaikannya 10-20 persen. Jadi kalau di bawah 10 persen atau 5 persen masih bisa ditolerir,’’ terangnya. (duh).


Artikel yang berjudul “Jelang Lebaran, Kebutuhan Daging Sapi Diprediksi Naik 400 Persen – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.