Lebaran Kian Dekat, Dua Pabrik ini Berikan THR Lebih Cepat – Kilasbaca.com

SEMARANG – Dua pabrik terpantau sudah membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pegawainya lebih awal dari ketentuan yang berlaku. Hal tersebut terlihat saat PT Charoen Pokphand dan PT Hartono Elektronik disambangi oleh jajaran petugas Disnakertrans.

Ilustrasi

Agung Suprayogo, HRD PT Charoen Pokphand Semarang, mengaku pabriknya yang berdiri diatas lahan seluas 4,6 hektar, sampai saat ini sudah melunasi THR bagi semua karyawannya.

Berlokasi di tapal batas Demak dan Semarang, pabriknya diketahui mempekerjakan 163 orang sebagai pegawai tetap. Serta sebanyak 602 tenaga kerja outsourcing. “Dan yang perempuan hanya 12 persen. Karena proses produksi di sini memang lebih banyak membutuhkan tenaga para pria,” katanya, Selasa (28/5/2019).

Di hadapan petugas Disnaker, ia menjelaskan bahwa masa kerja para karyawannya ada yang masih satu tahun. Namun ada pula yang sudah bekerja selama 20-25 tahun.

“Ada juga karyawan yang masa kerjanya di atas 25 tahun. Karena mereka mungkin nyaman kerja di sini. Tapi untuk yang pekerja outsourcing, kita kerjasama dengan vendor untuk membayar upahnya. Ada 602 tenaga kerja outsourcing di sini,” tuturnya.

Diakuinya para pekerjanya selama ini terbilang mapan. Pasalnya upah yang diberikan di atas rata-rata. Yaitu mulai Rp 3 juta hingga Rp 100 juta per bulan. THR yang diberikan pun mengacu sesuai UMK Kota Semarang. “THR kita berikan satu kali gaji. Bagi pekerja yang sudah melebihi 12 bulan. Itu sudah kita berikan dua bulan kemarin,” urainya.

Bonus tahunan telah diberikan dengan tuntas. “Makanya, hubungan antar pekerja dengan perusahaan terjalin dengan baik. Kemudian tidak ada gap antara pekerja dengan pimpinan perusahaan. Situasi perusahaan jadi harmonis,” paparnya.

Sedangkan, GM General Service Hartono Istana Teknologi, Max Arif Pramono sebagai lokasi produksi Polytron juga mengungkapkan hal serupa.

Pihaknya sudah membayar THR lebih awal. “Yaitu 22 Mei kemarin. Atau dua Minggu sebelumnya. Sengaja kita berikan THR lebih awal supaya karyawan bisa punya kesempatan berbelanja untuk kebutuhan Lebaran. Kita juga berikan bonus Rp 450 ribu per karyawan untuk mereka di akhir tahun atas capaiannya selama ini,” akunya.

Perusahaannya punya dua lokasi pabrik. Di pabrik wilayah Kudus, jumlah karyawannya ada 4.248 orang. Kemudian pabrik di Sayung Demak, berjumlah 3.414 orang. “Pemberian THR dihitung sesuai besaran UMK dan nilainya disesuaikan dengan masa kerja tiap karyawan,” pungkasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Lebaran Kian Dekat, Dua Pabrik ini Berikan THR Lebih Cepat – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.