May Day, Ratusan Buruh di Brebes Turun ke Pantura – Kilasbaca.com

BREBES – Peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day diperingati ratusan buruh di Kabupaten Brebes, dengan melakukan longmarch di Jalur Utama Pantura, Rabu (1/5/2019) siang. Dalam aksinya, mereka menyuarakan beberapa tuntutan.

Ratusan buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Brebes melakukan aksi May Day di depan Kantor Bupati Brebes. Foto : metrojateng.com/ adithya

Massa menggelar aksi dimulai dari PT Bintang Indo Karya Gemilang Tanjung, Brebes, yang merupakan perusahaan tempatnya bekerja menuju Kantor Bupati setempat dengan mengendarai sepeda motor. Massa yang mengatasnamakan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) selanjutnya menggelar orasi di depan Kantor Bupati.

Dalam orasinya, mereka menuntut soal upah buruh di wilayah Brebes yang dianggap masih rendah. Tak hanya orasi, massa juga membentangkan spanduk dan poster bertuliskan kecaman dan tuntutan hak buruh. Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari petugas Kepolisian dan Satpol PP.

“Aksi damai dengan turun ke jalan ini merupakan upaya mendesak Pemerintah Kabupaten Brebes agar segera menaikkan upah. Karena upah buruh Brebes saat ini masih sangat rendah,” ungkap Koordinator Aksi, Bambang Suhendri.

Meski tidak ditemui oleh Bupati maupun pejabat dinas terkit, kegiatan aksi berlangsung tertib. Akibat aksi ini, Jalur Pantura Kota Kabupaten Brebes tersendat, karena sebagian badan jalan tertutup oleh massa. Massa mengancam akan menggelar aksi serupa jika tuntutanya tidak dipenuhi.

“Cabut PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Kami akan terus mendesak pemerintah melakukan itu. Jika tidak, kami siap melakukan aksi yang lebih besar,” imbuhnya. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “May Day, Ratusan Buruh di Brebes Turun ke Pantura – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.