Mudik Jalur Laut, Tahap Pertama Ada Tiga Trip Kapal 12 Ribu Penumpang – Kilasbaca.com

SEMARANG – Selain mengecek kesiapan pelabuhan dan jalur laut, Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng juga meningkatkan patroli di laut dan udara. Terkait hal ini Ditpolairud Polda Jateng mengerahkan semua anggota yang ada. Itu dilakukan untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2019 yang melalui jalur laut dan udara.

Kapal milik Ditpolairud Polda Jateng saat melakukan patroli di perairan laut Semarang-Kendal.(metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

“Patroli di laut memang kami sisir sepanjang pantai. Tidak hanya laut tetapi juga udara, kemarin kami sudah ke Jepara. Untuk jumlah personel, kami all-out, semua anggota Ditpolairud Polda Jateng dan Satpolair di polres jajaran sudah kami kerahkan untuk back up di pelabuhan dan laut. Ditpolairud Polda Jateng sendiri ada 300 personel, nanti ditambah dari Satpolair,” kata Direktur Polairud Polda Jateng Kombes Pol Risnanto, Kamis (16/5/2019).

Adapun dalam patroli yang dilakukan pada Kamis (16/5/2019), Ditpolairud Polda Jateng juga mengajak Basarnas dan BMKG. Hal itu untuk melakukan pantauan dan melihat perkembangan cuaca di perairan Jawa Tengah.

“Kami bersama-sama melihat sejauh mana perkembangan cuaca yang mungkin menjadi gangguan di jalur laut. Khusunya saat mudik lebaran tahun ini,” ungkapnya.

Terkait situasi di Jawa Tengah sejauh ini masih landai. Risnanto mengatakan, dari penyampaian BMKG, di sepanjang jalur Utara ketinggian gelombang mencapai 1,2 meter. Situasi tersebut diprediksi berlangsung hingga pertengahan bulan Juni.

“Memang ketinggian mencapai 1,2 meter tetapi ini masih relatif aman untuk jalur pelayaran. Justru yang perlu sangat diwaspadai itu di jalur Selatan yang ketinggiannya mencapai sekitar 4 meter, kapal tongkang saja tidak bisa masuk ke sana,” papar Risnanto.

Sementara untuk pengamanan arus mudik, Risnanto menjelaskan akan dimulai pada tanggal 21 Mei 2019. Terkait hal itu sudah ada beberapa posko gabungan. Pengamanan akan dilakukan secara terpadu dengan instansi terkait.

“Nanti kami inside dan include, back up. Mulai termin pertama kapal penumpang dari Jakarta ke Semarang. Jadi ada tiga trip dari tanggal 31 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni. Masing-masing trip kapal memuat 4 ribu penumpang dan 2 ribu motor sesuai kebijakan menteri perhubungan,” pungkasnya. (aka)


Artikel yang berjudul “Mudik Jalur Laut, Tahap Pertama Ada Tiga Trip Kapal 12 Ribu Penumpang – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.