Optimalkan BBM di Pantura, Pertamina MOR IV Tambah Stok 25 Persen – Kilasbaca.com

TEGAL – Memasuki H-7 menjelang Lebaran, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng dan DIY mengoptimalkan ketersediaan BBM di wilayah Pantura Eks Karesidenan Pekalongan dengan menambah suplai BBM hingga 25 persen.

Seorang petugas Kios Pertamina Siaga di Rest Area 252 Tol Pejagan Pemalang, tengah membuka selang tangki BBM yang tersambung dengan kios mobile. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Pemudik yang mulai banyak melintasi pantura akan berimbas pada peningkatan konsumsi BBM. Untuk itu, kami menambah stok 25 persen lebih besar dari rata-rata harian normal,” terang General Manager MOR IV Jateng DIY, Iin Febrian saat melakukan pengecekan Kios Pertamina Siaga di Tol Pejagan Pemalang KM 252, Rabu (29/5/2019).

Adapun untuk rata-rata harian normal, kata Iin, Gasoline jenis Premium dan Perta series ditambah dari 1.490 Kiloliter menjadi 1.867 Kiloliter. Sedangkan untuk Gasoil jenis Biosolar dan Dex series, Iin menyebut akan mengalami penurunan hingga 21 persen. Dari normalnya 881 Kiloliter menjadi 696 Kiloliter. Hal ini dikarenakan adanya penurunan aktivitas pengiriman dan pembatasan angkutan barang.

Selain memastikan kesediaan suplai BBM, Pertamina MOR IV juga menjamin ketersediaan LPG di Eks Karesidenan Pekalongan. Dimana kuota LPG (PSO & Non-PSO) ditambah hingga sembilan persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian 2019. Sebanyak 20.483 tabung LPG akan digelontorkan oleh Pertamina untuk menambah stok LPG di wilayah tersebut.

“Untuk rata-rata konsumsi harian normal sebanyak 222.029 tabung per harinya. Kita prediksi konsumsinya akan naik menjadi 242.512 tabung per hari,” imbuh Iin.

Sementara itu, untuk tetap memenuhi kebutuhan para pengguna LPG di saat libur lebaran, Pertamina juga telah membentuk 61 Agen dan 276 Pangkalan Siaga di wilayah Pantura Brebes, Tegal, Pekalongan, Pemalang dan Batang yang akan tetap buka dan menjual LPG.

Di tempat yang sama, Marketing Operation Region IV, Arya Takur menambahkan, untuk fasilitas kios pada Mudik Lebaran kali ini, pihaknya melakukan inovasi, yakni menggunakan SPBU non permanen. Dimana terdapat modular dan modular kompak yang dilengkapi dengan tangki dan dispenser, sehingga mempersingkat waktu pengisian BBM di Rest Area.

“Kurang lebih ada 15 kios Pertamina Siaga pada tahun ini. Terdiri dari tujuh titik kios modular kompak, dua titik kios modular, lima titik kios mobile dispencer dan dua titik kios kemasan,” beber Arya kepada awak media.

Selain itu, satgas siaga juga dibentuk untuk memberi layanan 24 jam. Seperti halnya layanan Motorist BBM, dengan kapasitas angkut hingga 30 liter. Arya menyebut, sebanyak 60 unit telah disiagakan dan tersebar di enam titik di sekitar Gerbang Tol Pejagan hingga Solo.

Motorist BBM ini bertugas, bilamana terdapat pemudik yang kehabisan BBM dan terjebak kemacetan. Nantinya, petugas motorist akan menembus titik macet dan mengantarkan BBM dalam kemasan.

“Layanan motorist ini bersifat darurat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan BBM. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada pemudik untuk mengisi tangki penuh sebelum memulai perjalanan,” tandasnya. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “Optimalkan BBM di Pantura, Pertamina MOR IV Tambah Stok 25 Persen – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.