Pasokan dan Pengendalian Distribusi Gas di Jawa Tengah Aman – Kilasbaca.com

SEMARANG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) menyatakan suplai gas bumi bagi pelanggan industri dan rumah tangga aman dan akan mengalir seperti biasa. Adapun, pada momen tersebut diperkirakan konsumsi gas bumi bagi sektor rumah tangga PGN akan mengalami kenaikan.

Petugas dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) sedang mengecek Gaslink Truck. Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Sales Area Head PGN Semarang, Heri Frastiono mengatakan pada hari-hari biasa, gas PGN untuk sektor industri dan rumah tangga di wilayah Semarang, dikonsumsi sekitar 220.000-250.000 meter kubik per bulan. Sedangkan, pemakaian rata-rata gas bumi untuk sektor rumah tangga di tahun 2019 sebesar 22.000 meter kubik per bulan, atau mengalami kenaikan 37% apabila dibandingkan dengan tahun 2018.

“Pada Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, konsumsi gas bumi diperkirakan naik pada sektor rumah tangga 22.000 meter kubik menjadi 28.000 meter kubik. Meski diprediksi konsumsi naik, PGN menyatakan pasokan gas di wilayah Semarang aman.

“Pasokan kami untuk memenuhi kenaikan pemakaian gas bumi bagi pelanggan rumah tangga sebesar 28.000 meter kubik pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri masih mencukupi,” tutur Heri.

Diketahui, selama ini pasokan gas bumi dalam bentuk CNG yang tersedia di Stasiun Penurun Tekanan (Pressure Reducing Station/ PRS) Tambak Aji angkanya memang berada di atas angka konsumsi gas rumah tangga, bahkan kenaikan konsumsi gas bumi masih dalam cakupan volume gas yang tersedia di PRS Tambak Aji.

Selain itu, lanjut dia, PGN sudah menyiapkan pasokan gas bumi bagi pelanggan industri dan rumah tangga selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Para personel juga siap berjaga selama momen ini agar pelanggan industri dapat meningkatkan produksinya dan masyarakat dapat merayakan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dengan dukungan Energi Baik PGN.

Di sisi lain, terkait pengendalian keamanan dan layanan, PGN telah memastikan tak mengalami penurunan. Sebab, PGN tetap menyiagakan petugas lapangan yang memantau dan menjamin ketersediaan gas. (ang)


Artikel yang berjudul “Pasokan dan Pengendalian Distribusi Gas di Jawa Tengah Aman – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.