Pembangunan PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 Capai 60 Persen – Kilasbaca.com

SEMARANG – Pembangunan PLTU Tanjung Jati B Jepara unit 5 dan 6 kini sudah mencapai 55-60 persen. Sesuai rencana pembangkit listrik terbesar di Asia Tenggara itu, akan siap memasok listrik di wilayah Jawa-Bali pada September 2021 mendatang.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B unit 5 dan 6 sedang dalam proses pembangunan di Kabupaten Jepara. PLTU berkapasitas 2 x 1.000 MW itu akan memasok listrik di wilayah Jawa dan Bali. Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Asmen Komunikasi PLTU Tanjung Jati B Jepara, Grahita Muhammad mengatakan, listrik yang akan dihasilkan jika unit pembangkit tersebut beroperasi penuh yaitu sebesar 4.640 MW. Kapasitas produksi itu jauh lebih besar jika dibandingkan PLTU Paiton di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur dan PLTU Suralaya di Banten.

“Kapasitas di Paiton hanya sekitar 4.100 MW. Sedangkan, PLTU Suralaya di Banten sekira 3.800-3.900 MW,” katanya, Kamis (16/5/2019).

Diketahui, apabila seluruh unit di PLTU Tanjung Jati B Jepara sudah beroperasi penuh maka bisa menopang antara 14-15 persen kelistrikan di wilayah Jawa-Bali.

Grahita menjelaskan, produksi listrik yang dihasilkan PLTU Tanjung Jati B Jepara itu dijamin bisa mencukupi kebutuhan listrik untuk industri Jawa-Bali. Suplai listrik tersebut juga bisa mendukung produksi massal mobil dan sepeda motor listrik.

“Jadi, Insya Allah 2021 kebutuhan listrik nasional yang sangat bertumpu pada pembangunan unit 5-6 atau Jawa 4 ini akan sesuai dengan rencana. Ini kompleks pembangkit listrik terbesar di Asia Tenggara. Jepara ini menjadi salah satu tulang punggung kelistrikan nasional, terutama Jawa-Bali selain di Paiton dan Suralaya,” imbuhnya.

Sementara itu, pembangunan unit 5 dan 6 sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Dari kedua unit itu, dijadwalkan beroperasi pada 2021 dan 2022.

“Dari kedua unit pembangkit listrik itu, akan menghasilkan 2 X 1.000 MW. Total seluruhnya mencapai 4.640 MW,” tandasnya. (ang)


Artikel yang berjudul “Pembangunan PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 Capai 60 Persen – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.