Peringati May Day, Buruh di Kendal Gelar Sarasehan bareng Bupati – Kilasbaca.com

KENDAL – May Day atau Hari Buruh Sedunia di Kabupaten Kendal diperingati dengan cara berbeda, Rabu (1/5/2019). Tak ada orasi di atas mimbar atau longmarch untuk menyuarakan tuntutan, dan diganti dengan sarasehan bersama Bupati Mirna Annisa.

Buruh di Kendal mengikuti sarasehan bersama Bupati Mirna Annisa, Rabu (1/5/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Ada 36 serikat pekerja diundang dalam acara ini untuk berbagi serta bertukar pikiran tentang buruh dengan pemerintah dan pengusaha. Dalam kegiatan yang digelar di pendopo kabupaten ini buruh berkeluh kesah tentang minimnya upah yang diberikan dari perusahaan.

Ketua SPSI Kabupaten Kendal Misbahun mengatakan, acara peringatan May Day dilakukan dengan tertib yakni serasehan. “Kali ini tidak ada kegiatan turun di jalan, sebab dengan sarasehan bisa saling tukar pikiran, saling mengingatkan baik para pejabat atau dinas terkait maupun para pengusaha di Kabupaten Kendal,” katanya.

Harapannya dengan sarasehan ini bisa membuka mata bahwa perjuangan pekerja tidak hanya untuk kepentingan pribadi namun juga untuk kepentingan perusahaan maupun pemerintah.

“Untuk upah minimum kabupaten, perusahaan di Kendal masih jauh sebab saat ini karyawan yang ditanyakan adalah kebutuhan hidup layak atau KHL. Sehingga bagaimana para pekerja bisa menikmati hidup layak, kalau para pengusaha maupun pemerintah tidak ikit andil memperjuangkan nasib para karyawan,” imbuh Misbahun.

Ada beberapa perusahaan yang gulung tikar namun hak para karyawan belum sepenuhnya diberikan baik itu gaji maupun tunjangan hari raya. Misbahun menambahkan di Kabupaten Kendal ada sekitar 50 perusahaan, namun untuk pengupahan pada karyawan belum semua sesuai, karena masih ada yang di bawah UMK. 

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan Pemkab akan menyelenggarakan pelatihan. “Nantinya buruh tidak sekadar pekerja tetapi bisa menjadi buruh tenaga ahli,” katanya. (MJ-01)


Artikel yang berjudul “Peringati May Day, Buruh di Kendal Gelar Sarasehan bareng Bupati – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.