Selama Ramadan, Lokalisasi Argorejo Libur Total, PSK Diminta Ikut Tarawih – Kilasbaca.com

SEMARANG – Sehari menjelang Ramadan 1440 Hijriyah, pengelola Resosialisasi Argorejo yang akrab disebut Sunan Kuning, meliburkan semua aktivitas tempat karaoke dan bisnis esek-esek di setiap rumah bordir. Ketua Resosialisasi Argorejo, Suwandi Eko Putranto mengaku telah mendapat surat edaran dari Wali Kota Hendrar Prihadi untuk menyetop aktivitas Resos selama bulan ramadan.

Penyuluhan PSK Sunan Kuning, beberapa waktu lalu. Foto: fariz fardianto

“Sudah dapat (SE Walikota). Kami tutup total sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Suwandi dalam pesan singkat kepada metrojateng.com, Minggu (5/5/2019).

Sebagai gantinya, Suwandi mengatakan para pekerja seks komersial maupun pemandu karaoke secara bertahap dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Lebih jauh lagi, Suwandi mengungkapkan proses pemulangan sudah sesuai kesepakatan dengan Wali Kota Semarang. “Yang rumahnya di luar kota, kami pulangkan. Tapi yang tinggal di situ tidak boleh bekerja. Semuanya dikosongkan,” ujar Suwandi.

Untuk mendukung kelancaran ibadah puasa selama Ramadan, ia juga meminta kepada PSK maupun pemandu karaoke yang menetap di Sunan Kuning, untuk ikut berbaur dengan warga lainnya dalam menjalankan salat tarawih di masjid setempat.

“Tarawihan seperti dilakukan masyarakat lainnya, mulai bakda Isya sampai selesai. Nah, buat yang selama ini menetap di Resos ya ada baiknya ikut salat tarawih di masjid depan Gang IV. Ini manfaatnya untuk melebur dosa-dosa yang ada selama ini,” katanya.

Ari Istiyadi, Koordinator Keamanan Sunan Kuning dari Lentera ASA, menyebut tak kurang ada 486 pemandu karaoke dan PSK ber-KTA bekerja di wilayah tersebut. Diakuinya bahwa situasi Sunan Kuning saat Ramadan nanti bisa dibilang masih diliputi gejolak mengingat adanya ketidakpastian dari Pemkot Semarang terkait rencana penutupan lokalisasi tersebut.

“Tentunya gejolaknya luar biasa. Ketidakpastian kebijakan membuat anak asuh di sini semakin kalut, was-was. Ujian terberatnya ya pas Ramadan tahun ini,” tukasnya. (far)


Artikel yang berjudul “Selama Ramadan, Lokalisasi Argorejo Libur Total, PSK Diminta Ikut Tarawih – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.