Tips Bikin Kopi Latte Art Pakai Bahan dan Alat Dapur – Kilasbaca.com

SEMARANG – Bisnis Kopi di Kota Semarang kini makin menjamur. Banyak coffee shop yang menawarkan olahan kopi bagi para penikmatnya, mulai dari kopi yang dibuat dengan cara tradisional atau dengan mesin coffee maker yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Restaurant dan Bar Manager Hotel ibis Semarang Simpang Lima, Wahyu Ariyanto menunjukkan cara membuat latte art menggunakan bahan sederhana, Selasa (7/5/2019). Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Hotel ibis Semarang Simpang Lima berbagi tips untuk membuat kopi latte art sendiri di rumah. Pelatihan seperti ini bisa dipraktekkan ketika menyambut tamu, terutama saat lebaran yang sebentar lagi tiba.

Restaurant dan Bar Manager Hotel ibis Semarang Simpang Lima, Wahyu Ariyanto mengatakan, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah kopi hitam yang diseduh dan susu. Keduanya nanti dicampurkan dengan teknik khusus sehingga membentuk latte art.

“Sebelumnya persiapkan susu kental manis sebanyak kurang lebih 30 ml dan ditambahkan air 100 ml. Kemudian dikocok menggunakan hand mixer, alat yang biasa digunakan untuk membuat telur dadar,” katanya, Selasa (7/5/2019).

Cara mengocoknya adalah dengan mencelupkan hand mixer di tengah-tengah campuran susu dan air. Hal ini dilakukan agar dalam pengocokan terbentuk busa atau foam. Jika terlalu dalam, foam tidak akan terbentuk.

Setelah mendapatkan foam, cangkir dalam foam kemudian diketuk di meja agar foam terangkat. Kemudian foam dituangkan ke dalam cangkir kopi seduhan tadi secara perlahan dari jarak kurang lebih 10 cm.

“Jika sudah hampir penuh, barulah cangkir foam lebih didekatkan ke cangkir kopi agar foam mengambang dan membentuk gambar. Jika ingin menggambarkan bentuk love, tarik saja cangkir foam dari atas ke bawah,” tambahnya.

Wahyu mengatakan, gula tidak perlu ditambahkan karena rasa manis sudah didapat dari susu kental manis yang dibuat untuk foam tersebut. Selain menggunakan susu kental manis, susu lain yang sudah melalui proses pasteurisasi juga bisa digunakan untuk membuat foam. (ade)


Artikel yang berjudul “Tips Bikin Kopi Latte Art Pakai Bahan dan Alat Dapur – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.