1,3 juta Telur Siap Tetas Dimusnahkan DKPP Kabupaten Tegal – Kilasbaca.com

TEGAL – Sebanyak 1,3 juta telur siap tetas dimusnahkan Dinas Kelautan Perikanan Dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal, Sabtu (29/6/2019). Langkah ini diambil untuk mengatasi rendahnya harga ayam ditingkat peternak, akibat over suplai.

Dinas Kelautan Perikanan Dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal memusnahkan ribuan telur siap tetas di PT CPP, Desa Pakulaut, Margasari. Foto: metrojateng.com/adithya

Pemusnahan dilakukan di dua peternak besar yang berada di wilayah Desa Paku Laut dan Desa Margahayu, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal. Masing-masing yakni PT CPP dan PT Super Unggas Jaya.

Kepala DKPP Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo mengatakan, telur yang dimusnahkan merupakan telur ayam pedaging berusia 19 hari yang siap tetas. Jumlah telur tetas yang dimusnahkan sebanyak 1,3 juta butir. Pemusnahan dilakukan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan.

“Ini upaya kami untuk menekan produksi ayam pedaging. Harapannya agar harga ayam di tingkat peternak yang saat ini rendah, yakni hanya berada di kisaran 7 hingga 8 ribu per kilo, bisa terdongkrak,” jelasnya.

Sementar itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Sugiono yang ikut menyaksikan pemusnahan mengaku heran karena saat harga ayam di peternak anjlok, harga di tingkat pedagang justru mahal.

Karena itu, pihaknya meminta adanya evaluasi terkait disparitas harga ayam di tingkat peternak dan pedagag yang cukup tinggi tersebut. Pemusnahan telur tetas dimulai dari Jawa Tengah, karena harga ayam hidup paling rendah terjadi di provinsi ini.

“Kita mulai dulu dari Jateng, karena memang di Jateng ini harga ayam hidup yang paling rendah. Setelah itu, satu pekan ke depan akan kita pantau lagi perkembangannya,” ungkap Sugiono di sela pemusnahan.

Berdasarkan data terakhir di DKPP Kabupaten Tegal, jumlah populasi ayam pedaging di Kabupaten Tegal pada tahun 2018 mencapai 5.776.900 ekor. Jumlah tersebut meningkat dari populasi pada tahun 2017. (MJ-10)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “1,3 juta Telur Siap Tetas Dimusnahkan DKPP Kabupaten Tegal – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.