263 Taruna Akmil Meriahkan Kirab Budaya “Ndalu” – Kilasbaca.com

MAGELANG – Agenda kirab budaya dalam rangka hari jadi Kota Magelang tahun ini terasa istimewa. Karena kirab budaya tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan pamitan sebanyak 263 taruna Akademi Militer tingkat IV. Ribuan warga Magelang dan sekitarnya tumpah ruah menyaksikan perhelatan yang digelar di Alun-alun, pada Sabtu (29/6/2019) malam.

Rangkaian kegiatan Kirab Budaya “Ndalu” yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi ke-1.113 Kota Magelang di kawasan Alun-alun Kota Magelang, Sabtu (29/6/2019) malam. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Kirab yang biasanya dilaksanakan siang hingga sore hari, kali ini digelar pada malam hari yang diberi tajuk Kirab Budaya “Ndalu” (malam) dan diikuti sebanyak 34 peserta dari berbagai instansi, BUMD maupun sekolah.

Kirab taruna yang berpamitan serta marching band kebanggaan Akmil Genderang Seruling Canka lokananta membuka rangkaian acara Kirab Budaya Ndalu. Kirab dipusatkan di Alun-alun kemudian menyusuri sepanjang jalan Pemuda.

Penampilan peserta kirab disambut antusias oleh warga. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk tampil prima. Di barisan awal, pertunjukan fragmen Gatot Koco, dari Sanggar Kinara Kinari pimpinan seniman Eko Sunyoto, kemudian dilanjutkan 33 kelompok lainnya.

Selain tari tradisional asli Magelang seperti Topeng Ireng dan jathilan, ada juga tari dari dari lain seperti dari Bali dan reog Ponorogo. Juga penampilan barongsai, serta olahraga karate, silat maupun wushu.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito secara khusus mengucapkan selamat kepada para taruna Akmil yang sudah menyelesaikan pendidikannya. Selanjutnya akan bertugas di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Wali kota menjelaskan, kirab budaya ini untuk melestarikan kebudayaan bangsa, khususnya Kota Magelang. “Sengaja kita laksanakan malam hari di saat sebagian besar masyarakat sudah selesai bekerja dan belajar. Juga untuk menghidupkan suasana malam hari di kota Sejuta Bunga ini,” katanya.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurahman, mengaku tidak menyangka kalau kirab pamitan taruna angkata IV akan dibarengkan dengan kirab budaya. “Saya tentu terima kasih karena ini sengat istimewa. Baru kali ini kirab pamitan dibarengkan dengan agenda Kota Magelang,” ujarnya.

Kirab pamitan ini merupakan tradisi setelah mereka berhasil menyelesaikan pendidikan di Akmil selama 4 tahun. Selanjutnya, mereka akan diwisuda menjadi perwira dan bertugas di berbagai daerah di tanah air.

Dudung juga mengatakan, para taruna yang sudah lulus juga nantinya ikut mempromosikan wisata Magelang. (MJ-24)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “263 Taruna Akmil Meriahkan Kirab Budaya “Ndalu” – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.