BPJS Kesehatan Gencarkan Sosialisasikan Program Prolanis – Kilasbaca.com

SEMARANG – BPJS Kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan terus menjamin pelayanan kesehatan bagi peserta secara komprehensif. Salah satunya menggencarkan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) kepada peserta yang menderita penyakit kronis agar dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan efektif dan efisien.

Ilustrasi

Sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif pada program tersebut melibatkan peserta, fasilitas kesehatan (faskes) dan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara.

“Kami terus memberikan pemahaman kepada peserta prolanis dan petugas di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tentang pentingnya program tersebut. Sebab, dengan menjadi peserta prolanis komunikasi atau hubungan antara dokter dan pasien akan meningkat. Dokter akan senantiasa memantau status/kondisi kesehatan peserta secara rutin setiap bulan,” ungkap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Asri Wulandari di sela kegiatan Sosialisasi Program Promotif Preventif tahun 2019 dan HUT ke-51 BPJS Kesehatan, Senin (24/9/2019).

Peserta prolanis, lanjut dia, juga akan mendapatkan informasi tentang jadwal periksa laborat rutin, jadwal kegiatan senam dan edukasi, pemantauan kepatuhan minum obat dan konsultasi diet/gizi.

Diketahui per Juni 2019, peserta prolanis yang terdaftar dan aktif di wilayah Semarang dan Kabupaten Demak sebanyak 39.402 untuk peserta prolanis diabetes melitus dan 17.587 untuk peserta prolanis hipertensi.

Salah satu penderita Diabetes Melitus (DM) yang telah merasakan manfaat adanya program prolanis, Krisni mengungkapkan,  sejak satu tahun tergabung dalam klub prolanis Klinik Esti Husada kondisi kesehatannya jauh lebih terkontrol dari sebelumnya.

“Program prolanis membantu mengontrol penyakit DM saya. Saya mendapatkan obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Selain itu, saya juga termotivasi menjaga kesehatan dengan tetap bergerak aktif dan mengikuti kegiatan-kegiatan di klub prolanis seperti senam dan penyuluhan,” tuturnya.

Sementara pada acara tersebut, Dokter Mugi dari Klinik Mugi Sehat memberikan sedikit materi mengenai prolanis sekaligus mengajak seluruh peserta untuk melakukan aktivitas fisik sejenak dengan senam prolanis selama 5 menit.

“DM dan hipertensi itu merupakan penyakit yang gaul karena dia itu bisa ‘jalan jalan kemana mana’ alias bisa menyerang organ- organ vital lainnya. Maka, penderita penyakit tersebut perlu pemantauan khusus dengan disiplin dan patuh untuk melakukan aktivitas fisik, pemeriksaan laboratorium dan minum obat secara rutin agar tidak timbul komplikasi yang lebih parah,” katanya. (ang)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “BPJS Kesehatan Gencarkan Sosialisasikan Program Prolanis – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.