Diburu Pemudik, Produksi Telur Asin Brebes Melejit – Kilasbaca.com

BREBES – Tingginya permintaan telur asin khas Brebes untuk oleh-oleh Lebaran, membuat sejumlah perajin telur asin di Brebes meningkatkan produksinya. Jika pada hari biasa produksi telur asin hanya 1.500 butir per hari, kini mereka memproduksi hingga 15.000 butir per hari.

Perajin telur asin khas Brebes tengah melayani seorang pemudik yang akan membeli telur asin untuk buah tangan ke Ibu Kota Jakarta. Foto : metrojateng.com/ adithya

Sejumlah perajin telur asin di Brebes, Senin (10/6/2019) pagi masih disibukkan memproduksi telur asin untuk permintaan konsumen pada Arus Balik Lebaran. Telur asin Brebes menjadi oleh-oleh tersendiri bagi para pemudik yang melewati Jalur Pantura Brebes, untuk dibawa pulang ke kampung halamannya.

Guna memenuhi permintaan konsumen, sejumlah pengusaha telur asin meningkatkan produksinya hingga dua kali lipat dibanding hari biasa. Jika pada hari biasa hanya 1.500 butir per hari, kini mereka memproduksi hingga 4.000 butir per hari.

Salah seorang pengusaha telur asin, Dinah mengaku, permintaan konsumen mulai meningkat saat Arus Mudik  dan Arus Balik Lebaran. Meski demikian, ia memprediksi kenaikan produksi telur asinnya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 100 ribu butir.

“Mentok-mentok hanya 70 ribu butir saja selama Arus Mudik Lebaran. Kan sekarang sudah ada jalan tol, jadi jarang pemudik yang lewat Pantura. Tapi Alhamdulillah, satu hari saya bisa produksi 15 ribu butir, meningkat 10 kali lipat dari hari biasa,” kata Dinah saat ditemui metrojateng.com di Toko HTM Jaya miliknya.

Selain melayani penjualan eceran ke konsumen, di tokonya juga melayani penjualan grosir. Telur asin khas Brebes terdiri dari tiga varian rasa, mulai telur asin original, telur asin asap dan telur asin bakar atau panggang.

“Harga telur asin biasa Rp. 4.000 per butir, kalau telur asin bakar Rp. 4.500 dan telur asin asap Rp. 5.000 per butir,” terangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan telur asin saat Lebaran tahun ini, perajin ini sudah menyiapkan 70 ribu butir telur itik mentah. Telur itik mentah ini terpaksa didatangkan dari Jawa Timur, karena prosuki telur lokal hanya memenuhi 30 persen saja. (MJ-10)

 

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Diburu Pemudik, Produksi Telur Asin Brebes Melejit – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.