Halal Bihalal Wujud Memperkuat Bhinneka Tunggal Ika – Kilasbaca.com

SEMARANG – Kegiatan halal bihalal yang kerap digelar oleh jutaan umat Muslim di seluruh dunia merupakan bentuk ikatan persaudaraan. Di Indonesia, halal bihalal juga dapat dimaknai sebagai wujud memperkuat landasan Pancasila, UUD 45, NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ustaz Nawawi At Tanjani tatkala memberikan tausiyah dalam rangkaian acara halal bihalal di Universitas Semarang (USM), Jalan Arteri Soekarno-Hatta, kawasan Medoho, Senin (10/6/2019).

Ustaz Nawawi mengingatkan bahwa barang siapa yang mengucap satu salawat akan diberi 10 kebaikan. Kemudian ketika Ramadan sudah selesai dan tiba hari kemenangan nan Fitri, maka harus saling bermaafan.

“Memaafkan orang baik saja wajar tetapi memaafkan orang yang menyakiti kita itu adalah orang yang luar biasa,” ujar Ustaz Nawawi.

Ia menuturkan USM merupakan kampus yang menonjolkan kebersamaan. Dengan kegiatan halal bihalal dan berjabat tangan akan diampuni semua dosa-dosanya.

“Kemudian ada tiga adab untuk melaksanakannya yaitu dengan saling mendahului yang dapat membawa berkah tanpa pandang apapun, dan dengan saling mengeratkan tangan, saling memandang dengan senyum saling melepas rasa yang dahulu sudah berlalu biarlah berlalu,” paparnya.

Menurut Ketua Yayasan Alumni Undip Prof Abdullah Kelib, ibadah puasa yang dijalani umat Muslim demi meningkatkan kualitas diri, menahan makan, minum, dan hawa nafsu oleh karena itu selain berpuasa juga harus dilakukan kegiatan yang lain seperti zakat, sedekah dan lainnya yang kelak mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Sementara itu, Rektor USM Andy Kridasusila mengatakan tidak akan nikmat persaudaraan ini tanpa adanya bersinergi bersama. “Selama satu bulan kita melaksanakan ibadah puasa. Saat ini kita dapat berkumpul dan saling memaafkan yang dapat menjadi pembelajaran buat kita dan memunculkan hal-hal baik,” tandasnya. (far)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Halal Bihalal Wujud Memperkuat Bhinneka Tunggal Ika – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.