Kontes Robot Indonesia di Semarang Angkat Inovasi Robot Pertanian – Kilasbaca.com

SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menjadi tuan rumah ajang Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional yang diselenggarakan di Graha Padma Sport Club pada 20 hingga 23 Juni 2019. Perlombaan ini mempertemukan juara-juara dari tingkat regional di Indonesia dan diikuti 64 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Regional dipecah menjadi 4 regional dan berdasarkan wilayah yakni regional 1 meliputi area Sumatera, regional 2 meliputi Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sulawesi, regional 3 meliputi Jawa bagian tengah, Kalimantan bagian timur dan selatan dan regional 4 meliputi Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Ajang KRI tingkat nasional terdiri dari 6 divisi perlombaan yang berbeda. Dari keenam divisi tersebut lima divisi telah lama dipertandingkan yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda. Satu divisi baru yang hanya dipertandingkan pada tingkat nasional yakni Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Rektor Udinus, Edi Noersasongko memaparkan kontes perlombaan robot tematik kali ini mengangkat tema pertanian. Robot karya mahasiswa dirancang untuk bisa membantu para petani Indonesia.

“Kali ini masih didemonstrasikan di arena simulasi. Namun mungkin ke depannya dapat diterapkan di lahan persawahan yang sesungguhnya,” ungkapnya, Sabtu (22/6/2019).

Edi berharap, robot-robot buatan mahasiswa seluruh Indonesia ini bisa segera diaplikasikan di dunia nyata. Selain itu, nanti robot-robot lainnya bisa berguna bagi kemanusiaan.

Peserta Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Nasrudin mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk menyiapkan robot yang bisa melakukan aktivitas menanam, melewati rintangan, mencabut rumput hingga memanen. Dia mengatakan kesulitan yang dihadapi dalam membuat robot petani ini adalah pada bagian penyesuaian kondisi. (ade)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Kontes Robot Indonesia di Semarang Angkat Inovasi Robot Pertanian – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.