Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Jateng Naik 40 Persen – Kilasbaca.com

SEMARANG – Pada masa libur lebaran tahun ini, sejumlah atraksi wisata unggulan di Jawa Tengah mengalami kenaikan. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rahmadi mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan pada libur lebaran tahun ini mencapai 40 persen dibanding akhir pekan di hari biasa.

Embung Rowobranten, destinasi wisata alam di Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

“Sebelum lebaran kami memprediksikan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Jateng naik 25 persen tapi ternyata dari pantauan dan laporan yang masuk sementara ini, kenaikan di masing-masing obyek wisata di Jateng mencapai 40 persen,” katanya, Selasa (11/6/2019).

Sinung menerangkan, destinasi wisata, seperti dataran tinggi, pegunungan, air terjun, sungai, pantai, danau dan lainnya menjadi lokasi favorit yang paling banyak dikunjungi. Solo, Wonosobo, Tegal, Magelang, Banyumas, Jepara, Tegal dan Semarang adalah beberapa kota yang paling ramai dikunjungi.

Meski terjadi kenaikan yang cukup signifikan, pihaknya mengaku masih adanya evaluasi, misalnya harga di beberapa lokasi wisata yang mahal, baik tarif tiket maupun kuliner.

“Padahal saya sudah mewanti-wanti pengelola wisata dan para pedagang kuliner untuk tidak ngepruk atau menaikkan tarif terlalu tinggi. Naik boleh asal wajar dan pantas. Sudah ada laporan beberapa yang masuk ke saya terkait adanya tarif yang ngepruk, makanya langsung kami tindak,” ucapnya.

Di sejumlah daerah peningkatan terjadi cukup mencolok, seperti di Kota Semarang yang mencatatkan jumlah wisatawan di angka 80.000 orang pada Rabu (5/6/2019) hingga hari ketiga lebaran, yaitu pada Jumat (7/6/2019).

Jumlah tersebut dipastikan bertambah mengingat laporan data pengunjung wisatawan pada Sabtu dan Minggu belum direkap. Jumlah itu diakui naik 1,5 kali lipat dibanding pada kunjungan tahun sebelumnya. (ade)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Jateng Naik 40 Persen – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.