Paceklik, Ribuan Nelayan Tegal Menganggur Pasca Lebaran – Kilasbaca.com

TEGAL – Usai lebaran ribuan nelayan di Kota Tegal mengalami paceklik karena tak melaut. Mereka mengaku kehabisan modal karena selama Bulan Ramadan hanya sebentar melaut, untuk mengejar Lebaran, sehingga hasil tangkapan sedikit. Alhasil. para nelayan mengalami kerugian.

Salah satu nelayan, Andi menuturkan, sebagian besar nelayan Pelabuhan Tegalsari, Kota Tegal tak bisa melaut karena kehabisan modal. Salah satu pemicunya, saat bulan puasa kemarin mereka hanya bisa melaut sebentar untuk mengejar Lebaran.

Biasanya, nelayan bisa melaut sampai dua hingga tiga bulan. Namun selama bulan puasa hanya melaut sebulan, sehingga hasil tangkapan sedikit. Alhasil para nelayan merugi karena hasil tangkapan tak seperti biasanya.

“Hampir merata, semua nelayan masih bersandar. Tidak bisa ditentukan sampai kapan. Asal dapat modal saja, mungkin kita bisa melaut,” ujar Andi kepada metrojateng.com, Kamis (13/6/2019).

Nelayan Tegal terpaksa harus menganggur. (metrojateng.com/MJ-25)

Para nelayan mengaku, tak tahu sampai kapan menganggur. Mereka baru berangkat melaut jika mendapat pinjaman modal dari para juragan kapal. Kini, para nelayan mengisi waktu dengan memperbaiki jaring atau mesin kapal.

Sementara itu, data dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, jumlah nelayan yang menganggur pasca Lebaran mencapai 5.000 lebih. Jumlah tersebut terdiri dari nelayan dengan kapal berukuran 10 grosston hingga 30 grosston. (MJ-10)

 

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Paceklik, Ribuan Nelayan Tegal Menganggur Pasca Lebaran – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.