Pantau Arus Balik, Komjen Condro Kirono : Jalur Selatan Jawa Rawan Macet – Kilasbaca.com

BREBES – Kepala Badan Pemeliharan Keamanan Mabes Polri, Komjen Polisi Condro Kirono melakukan pantauan udara dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019) siang. Secara umum, Jalur Selatan di dua provinsi tersebut masih berpotensi terjadi kemacetan selama arus balik Lebaran 2019.

Mantan Kapolda Jawa Tengah itu mengemukakan, kepadatan di Jalur Pantura secara umum dapat diatasi, dengan berfungsinya Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak, Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur.
Namun demikian, permasalahan baru yang masih harus diwaspadai saat ini adalah situasi lalu lintas di Jalur Selatan Jawa. Seperti di Jawa Barat, kemacetan terpantau sejak pintu keluar Tol Cileunyi masuk Nagrek hingga ke arah Limbangan.

Kabaharkam Mabes Polri, Komjen Polisi Condro Kirono. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Untuk di Jawa Tengah, kemacetan terjadi dari mulai Banyumas, Bumiayu, Prupuk hingga ke arah Ketanggungan, Brebes,” ungkap Komjen Pol Condro Kirono saat memantau Arus Balik Lebaran di Kabupaten Brebes, Minggu sore.

Dengan adanya titik kemacetan di Jalur Selatan, Condro meminta tiga kekuatan dari Polres Banyumas, Polres Tegal dan Polres Brebes, untuk bersinergi mengantisipasi kemacetan di jalur tersebut. Di antaranya dengan menerapkan sistem one way atau satu arah, seperti di Tol Trans Jawa.

Jalur utama Banyumas, Bumiayu hingga Ketanggungan merupakan jalur utama dari Selatan Pulau Jawa menuju Jalur Utara Pulau Jawa. Di jalur ini ruas jalan umumnya masih sempit, menanjak dan berkelok, sehingga sejak arus balik berlangsung kerap terjadi kemacetan. (MJ-10)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Pantau Arus Balik, Komjen Condro Kirono : Jalur Selatan Jawa Rawan Macet – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.