Pasar Tumpah, Jalur Pantura Brebes Tersendat – Kilasbaca.com

Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya terpaksa berjalan melambat di simpang Pasar Induk Brebes.

BREBES – Aktivitas pasar tumpah di Pasar Induk Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019) siang menyebabkan arus lalu lintas di jalur utama Arteri Pantura tersendat. Kepadatan kendaraan diperparah, dengan keberadaan tukang becak yang mangkal di bahu jalan.

Kepadatan kendaraan terjadi di simpang Pasar Induk Brebes saat Arus Mudik H-4, karena tingginya aktivitas pasar dan banyaknya becak yang parkir di bahu jalan. Foto : metrojateng.com/ adithya

Pantauan metrojateng.com di lapangan, sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya terpaksa berjalan melambat di simpang Pasar Induk Brebes. Padatnya aktivitas pasar tradisional terbesar di Brebes ini menjadi penyebab utamanya.

Kondisi jalan semakin menyempit, lantaran bahu jalan digunakan tukang becak untuk parkir. Bahkan, beberapa angkutan umum pun ikut ‘ngetem’ di bahu jalan. Beberapa kali petugas pasar nampak menghampiri para sopir angkutan dan meminta mereka untuk berjalan.

Kepadatan Arus Mudik di Jalur Pantura ini juga disebabkan banyaknya masyarakat yang pergi berbelanja untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Minimnya penyeberangan jalan, memaksa petugas melakukan rekayasa buka tutup jalan.

Terpantau, hampir setiap 10 menit sekali, petugas Kepolisian dibantu anggota Pramuka dan petugas pasar menyeberangkan masyarakat yang akan menuju pasar. Meski sudah menjadi jalur one way, namun kepadatan kendaraan tidak bisa dihindarkan.

Guna mengantisipasi terjadinya antrean yang mengular, selain merekayasa buka tutup, petugas juga tak henti-hentinya melakukan penarikan kendaraan. Kondisi seperti ini diprediksi akan terus terjadi hingga H-2 Lebaran nanti. (MJ-10)

 


Artikel yang berjudul “Pasar Tumpah, Jalur Pantura Brebes Tersendat – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.