Peringati Hari Lahir Pancasila, Band Rumah Pancasila Gelar Konser Mini – Kilasbaca.com

SEMARANG – Band Rumah Pancasila menggelar mini konser dan ngabuburit di Kota Lama Semarang, Sabtu (1/6/2019) sore. Acara tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Dalam mini konser tersebut Band Rumah Pancasila membawakan lagu-lagu karya sendiri bertema Pancasila.

Aksi panggung Band Rumah Pancasila dalam mini konser dan ngabuburit sambil mengulas Pancasila di kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (1/6/2019) sore.(metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

Acara tersebut dibuka dengan lagu berjudul “Rumah Pancasila”. Usai lagu pembuka, sebuah lagu tentang keberagaman suku, adat, dan budaya di Nusantara berjudul “Bhineka Tunggal Ika” langsung menyapa telinga masyarakat di sekitar Kota Lama.

Setelah diajak memahami keberagaman, penonton kemudian disapa dengan lagu “Merah Putih”. Sebuah lagu yang bercerita tentang konsep bendera kebangsaan Indonesia. Lagu-lagu tersebut seakan mengajak para penonton untuk menyelami satu persatu mengenai prinsip-prinsip Pancasila. Acara ditutup dengan berbagi takjil dan sebuah lagu berjudul “Doa Anak Bangsa”.

“Kegiatan sore ini untuk memberitahukan bangsa ini bahwa kita tidak boleh berkelahi di rumah Indonesia. Perbedaan itu, baik yang kuat maupun yang lemah, harus disatukan agar kita bisa memberikan yang terbaik untuk rakyat Indonesia. Kami ingin membangun seluruh rasa masyarakat Indonesia, seluruh jiwa masyarakat Indonesia untuk introspeksi kembali kenapa saat itu Indonesia dibangun,” kata Theodorus Yosep Parera selaku pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum di lokasi, Sabtu (1/6/2019).

Pada kesempatan itu Yosep Parera juga mengupas sila-sila dalam Pancasila. Menurutnya sila pertama tersebut bukan soal agama tetapi mendekatkan diri kepada Tuhan. Sila pertama itu juga sebagai penerang bagi keempat sila lainnya.

“Sila itu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga menemukan kebaikan, kebenaran, dan keadilan Tuhan. Sebagai penerang jalan empat sila lain. Pancasila ini alat penerang bangsa agar tidak tersesat dan apabila dijalankan bisa menuntun manusia untuk memanusiakan manusia lain sebagaimana dimaksud dalam sila kedua,” ungkapnya.

Selanjutnya sila ketiga persatuan Indonesia dimaksudkan agar bangsa ini jangan saling bermusuhan dan saling menghancurkan. Semua harus bersatu dan meninggalkan kepentingan pribadi dan golongan.

“Anda boleh berdebat tetapi ketika bicara mengenai bangsa maka perdebatan itu hilang, yang ada adalah kesatuan untuk membangun Indonesia. Sebagaimana juga dimaksudkan dalam sila keempat. Lalu meninggalkan kepentingan pribadi dan golongan serta menempatkan kepentingan masyarakat Indonesia secara umum di atas segala-galanya seperti dimaksud dalam sila kelima,” paparnya.

Yosep juga mengajak kepada para orangtua untuk memperhatikan anak-anaknya. Sehingga anak-anak tidak bergaul sembarangan dan mudah dimasuki ideologi yang tidak benar. (aka)

 


Artikel yang berjudul “Peringati Hari Lahir Pancasila, Band Rumah Pancasila Gelar Konser Mini – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.