Puluhan Kali Mencuri Motor di Unnes, Azroi Dijebloskan Bui – Kilasbaca.com

SEMARANG – Ahmad Azroi (36) warga Kampung Banaran, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, akhirnya dijebloskan ke sel tahanan. Itu setelah petugas Polsek Gunungpati Polrestabes Semarang menangkapnya atas kasus pencurian sepeda motor di sekitar wilayah Unnes Sekaran. Setidaknya sudah 60 kali tersangka beraksi seorang diri. Sepeda motor hasil curian kemudian dimutilasi atau dipreteli untuk dijual per bagian.

Tersangka Ahmad Azroi saat dimintai keterangan oleh Kapolsek Gunungpati Kompol I Ketut Sudana di depan barang bukti puluhan kerangka dan onderdil sepeda motor.
(metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

Kapolsek Gunungpati Kompol I Ketut Sudana mengatakan tersangka ditangkap pada hari Rabu (29/5/2019), sekitar pukul 23.00, di rumahnya. Penangkapan tersebut merupakan hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Gunungpati terkait laporan kasus pencurian sepeda motor pada tanggal 23 April 2019 lalu.

“Tersangka ini sudah kami intai lama, baru tertangkap tanggal 29 Mei 2019 lalu hasil informasi dari masyarakat. Setelah diinterogasi, tersangka mengakui telah mencuri sepeda motor pada tanggal 23 April 2019 di sebuah tempat kos Gang Pete,” katanya saat memberikan keterangan di Mapolsek Gunungpati, Sabtu (1/6/2019).

Setelah penangkapan tersebut, polisi langsung menggeledah rumah tersangka. Hasilnya ditemukan barang bukti 48 unit kerangka sepeda motor dan berbagai macam onderdil sisa sepeda motor yang dimutilasi.

“Tersangka ini mencuri sepeda motor dengan memanfaatkan kelengahan korban. Ia merusak rumah kunci sepeda motor dan membawa kabur ke rumah. Sampai di rumah langsung dimutilasi untuk dijual per bagian. Rata-rata sasarannya sepeda motor jenis matic,” ungkap Sudana.

Sudana menambahkan, tersangka sudah beraksi sejak tahun 2017 lalu. Setiap beraksi ia selalu sendirian dengan bermodalkan kunci leter T dan linggis. Total sudah 60 kali ia mencuri sepeda motor di wilayah Unnes Sekaran, Gunungpati.

“Susah terungkap karena setiap dapat barang langsung dimutilasi. Tersangka juga punya bengkel. Di rumah tersangka juga kami temukan banyak tas laptop tetapi isinya ke mana masih kami kembangkan,” paparnya.

Tersangka Azroi mengaku aksinya selalu dilakukan pada malam hari. Sasarannya adalah tempat kos di sekitar Kampus Unnes. Dalam aksinya, tersangka bisa mendapatkan empat unit sepeda motor dalam sehari.

“Sehari bisa dapat empat motor, itu kalau dekat tempatnya. Langsung dipreteli di rumah, sendirian. Dipreteli karena tidak punya link untuk jual utuh. Dijualnya juga ke teman sendiri, orang lewat Facebook juga. Satu motor bisa dapat sampai Rp 2 juta,” ujarnya.

Terkait kasus tersebut tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya tujuh tahun penjara. (aka)


Artikel yang berjudul “Puluhan Kali Mencuri Motor di Unnes, Azroi Dijebloskan Bui – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.