Upah Tak Kunjung Dibayar, Mantan Buruh Nyonya Meneer Terpaksa Jadi Pemulung – Kilasbaca.com

SEMARANG – Nasib nelangsa masih dialami sejumlah mantan buruh PT Nyonya Meneer. Mereka bahkan ada yang menjadi pemulung untuk menghidupi keluarganya.

Pengakuan Joko Prasetyo, salah satu mantan buruh PT Nyonya Meneer. (metrojateng.com/fariz fardianto)

Hal tersebut dialami oleh Joko Prasetyo, salah satu mantan buruh pabrik jamu legendaris di Semarang tersebut. Warga Pandansari RT 5/RW VIII tersebut mengaku banyak mantan buruh Nyonya Meneer yang kehidupan ekonominya hancur setelah pabrik dinyatakan pailit oleh pihak pengadilan.

“Ada yang stroke, saya sendiri sekarang kerjanya cari barang bekas untuk menghidupi keluarga saya,” katanya, Selasa (11/6).

Saat ditemui di rumahnya, pria 46 tersebut menunjukkan slip gaji terakhirnya pada Mei 2016 yang tidak dibayarkan penuh oleh manajemen Nyonya Meneer.

“Saya gajian mingguan. Tapi kadang sudah kerja sebulan hanya dibayar seminggu,” paparnya.

Sejak pabriknya pailit, ia tak kunjung mendapatkan haknya. Gaji ataupun pesangon belum diterimanya dan ia mengakui pada Lebaran lalu banyak yang berharap. Ia kian diliputi gundah gulana tatkala ada kabar beredarnya lowongan kerja PT Nyonya Meneer di media sosial.

Ia yang terperanjat kaget lalu mengecek nomor kontak di lowongan kerja tersebut. “Setelah dicek, kok yang nerima dari pihak sana kok membenarkan. Padahal hak-hak karyawan belum dibayarkan kok ngrekut lagi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Joko juga mendengar aset terakhir Nyonya Meneer yaitu 72 merek dagang laku terjual Rp 10,25 miliar. Ia mengatakan buruh Nyonya Meneer terpecah jadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok punya pengacara tersendiri. Kelompoknya pengacaranya bernama Yeti. Yang lainnya disebut kelompok Kaligawe dan kelompok Terboyo.

Kelompoknya saja, yang terdiri atas 83 pegawai mengajukan tunggakan gaji sebesar Rp 10 juta per orang. Joko berharap tunggakan gajinya bisa diselesaikan secepatnya. (far)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Upah Tak Kunjung Dibayar, Mantan Buruh Nyonya Meneer Terpaksa Jadi Pemulung – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.