Zonasi PPDB, SMAN 3 Semarang Optimis Pertahankan Predikat Sekolah Favorit – Kilasbaca.com

Ilustrasi. PPDB SMA Negeri 4 Banyumanik. Foto: fariz fardianto

Zonasi PPDB SMA yang ditetapkan Kemendikbud dan Pemprov Jawa Tengah dinilai tidak terlalu masalah bagi sekolah tersebut. Bahkan bisa menjadi ajang pembuktian bahwa kultur juara di sekolah tersebut bisa dipertahankan, siapapun peserta didiknya.

Pasalnya, zonasi PPDB SMA tidak mensyaratkan nilai NEM dalam penilaian diterima atau tidaknya peserta didik baru di suatu SMA. Menjadi keutamaan mengacu pada dekatnya jarak tempat tinggal dengan lokasi sekolah dan 20 persen jalur prestasi dalam zona serta 10 persen di luar zona.

“Jika ada anak yang kurang kuat, efeknya maka akan termotivasi. Namun bagi yang tidak mampu mengikuti, mungkin akan ada yang terpental dan pindah sekolah,” ujarnya, Jumat (21/6/2019).

Sebelumnya, SMAN 3 Semarang merupakan salah satu sekolah favorit, baik saat menganut sistem hasil Ujian Negara, rayonisasi, maupun saat zonasi yang ada sejak tahun lalu. Setiap pembukaan tahun ajaran baru, calon peserta didik yang berprestasi baik dari Semarang maupun luar Semarang mengincar kursi di SMAN 3 Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri mengatakan, zonasi mampu membangun budaya kompetisi yang sehat antar sekolah. Siswa dan guru bisa termotivasi untuk lebih tekun belajar, kreatif dan inovatif. Pihaknya menyarankan pada sekolah-sekolah untuk jeli melihat peluang kuota jalur prestasi 20 persen dalam zonasi dan 10 persen luar zonasi agar keterisian tepat sasaran kepada yang berhak. (ade)


Artikel yang berjudul “Zonasi PPDB, SMAN 3 Semarang Optimis Pertahankan Predikat Sekolah Favorit – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.