169 Perwira Karier TNI Lulus dari Akmil – Kilasbaca.com

MAGELANG – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melantik dan mengambil sumpah 169 Perwira Prajurit Karier (Pa PK) pada upacara Prasetya Perwira Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang, Kamis (11/7). Mereka yang dilantik merupakan lulusan sarjana dan diploma yang direkrut untuk menjadi prajurit TNI.

Perayaan kelulusan Perwira Prajurit Karier di Akademi Militer Magelang, Kamis (11/7/2019). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Dari 169 Pa PK TNI yang dilantik, terdiri dari 81 dari Angkatan Darat (AD), 40 (AL) dan 48 (AU). Para perwira ini digembleng selama 7 bulan di kawah Candradimuka Akmil.

Panglima mengatakan, Prasetya yang diucapkan pada upacara ini merupakan komitmen awal para Perwira untuk memasuki ruang pengabdian kepada TNI, bangsa dan negara, yang harus dilakukan dengan sikap ksatria yang loyal penuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jadikan kebanggaan itu sebagai pemacu diri untuk menunjukkan karya nyata sebagai Perwira nantinya,” tegasnya.

Ia juga meminta agar para perwira ini memegang teguh kode etik Perwira Budhi Bhakti Wira Utama, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, serta Delapan Wajib TNI sebagai pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas, dimanapun ditugaskan.

Terpilih sebagai lulusan terbaik pria dan mendapat anugerah Trisura Jalu Wiratama adalah Letda Ctp Zulhan Effendi S.Si., M.Sc., dan Letda Adm Zulfan, S.E. Sedangkan untuk wanita, anugerah Trisura Wanodya Wiratama diraih oleh Letda Laut (K/W) drg Frida Fardanila Asmoro.

Para Perwira Prajurit Karier kembali dipertemukan dengan keluarganya setelah menjalani pendidikan selama tujuh bulan. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Dalam upacara yang dihadiri para orang tua dan keluarga perwira PA PK, ditampilkan defile drumband genderang seruling Canka Lokananta yang merupakan kebanggaan korps Akmil.

Para perwira juga melakukan selebrasi usai pelantikan dengan cara yang berbeda di tiap angkatan. Untuk lulusan AD dengan melakukan sujud syukur, TNI AL melempar topi, dan TNI AU dengan mengenakan kaca mata hitam.

Setelah tujuh bulan berpisah, para perwira karier ini kembali dipertemukan dengan keluarganya. Usai upacara, mereka pun larut dalam kebahagiaan.(MJ-24)


Artikel yang berjudul “169 Perwira Karier TNI Lulus dari Akmil – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.