Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Makin Meluas – Kilasbaca.com

TEGAL – Krisis air bersih di Kabupaten Tegal, semakin meluas selama musim kemarau. Akibatnya, ribuan kepala keluarga di sejumlah kecamatan semakin kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk mengatasinya, PMI terus mendistribusikan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan.

Warga Desa Gembongdadi, Kecamatan Suradadi berebut air bersih yang dikirim PMI Kabupaten Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

Seperti halnya yang terjadi di Desa Gembongdadi, Kecamatan Suradadi, Selasa (2/7/2019). Puluhan warga langsung berdatangan sambil membawa ember dan jeriken, begitu mengetahui ada truk tangki milik PMI Kabupaten Tegal yang membawa bantuan air bersih. Khawatir tak kebagian, warga pun langsung berebut mengisi ember dan jeriken masing-masing.

Para warga mengaku, sudah hampir empat bulan terakhir terpaksa menggunakan air sungai yang ditampung dalam sumur besar, untuk kebutuhan mandi, mencuci dan memasak.

“Hujan sudah tidak turun lagi sejak beberapa bulan lalu. Kalau memasak ya pakai air sungai. Kadang juga minta tetangga kanan kiri yang punya air pam,” kata Ramunah kepada metrojateng.com.

Bagi warga yang mampu, bisa memberi membeli air bersih dari pengecer seharga Rp 3.500 per jeriken kecil. Sementara bagi mereka yang tak mampu, seperti Ramunah, hanya bisa mengandalkan bantuan dari para tetangganya.

Selain Desa Gembongdadi, PMI Kabupaten Tegal telah memetakan sebanyak lima kecamatan masuk daerah rawan krisis air bersih. Diantaranya yakni, Kecamatan Surodadi, Warurejo, Jatinegara, Kedung Banteng dan Balapulang. PMI akan terus mendistribusikan air bersih secara merata di lima kecamatan tersebut.

Warga berharap, pemerintah tidak hanya mendatangkan bantuan air bersih ke desa mereka secara rutin. Namun, yang lebih penting, pemerintah bisa membuatkan bak penampungan air besar atau sumur, sehingga warga tidak harus menunggu-nunggu bantuan air saat musim kemarau. (MJ-10)

Ucapan Lebaran 1440

Artikel yang berjudul “Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Makin Meluas – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.