Mahasiswa USM Ciptakan Aplikasi Kasir Berbasis Web untuk UMKM – Kilasbaca.com

SEMARANG – Di Kota Semarang, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbagai bidang, mulai kuliner, fashion, merchandise berkembang pesat. Namun masih terdapat beberapa tantangan, salah satunya adalah pencatatan atau pembukuan yang kurang rapi.

Pameran mahasiswa SI FTIK USM. Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Melihat hal tersebut, mahasiswa Sistem Informasi (SI) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) mengembangkan pembuatan aplikasi sistem kasir. Jika selama ini pembukuan dilakukan secara konvensional, dengan aplikasi ini, pembukuan dilakukan berbasis web.

Mahasiswa SI FTIK USM, Rizki Ramadhan memaparkan, dengan menggunakan program visual basic, My SQL dan krista report maka tercipta aplikasi sistem kasir yang tidak hanya menerbitkan bukti penjualan namun dapat dijadikan media untuk mengetahui stok produk.

“Kami terjun ke UMKM dan riset di sana sampai akhirnya menemukan persoalan yang ada. Aplikasi sistem kasir yang kami buat memang sederhana namun selain dapat menerbitkan bukti penjualan online namun juga menyimpan informasi stok produk hingga varian barang yang banyak dibeli konsumen,” ujar Rizki.

Selain aplikasi sistem kasir, produk aplikasi UMKM berbasis web yang dipamerkan di gedung M FTIK Universitas Semarang juga terdapat aplikasi penggajian karyawan, aplikasi stok gudang serta aplikasi promosi. Kegiatan rutin dilakukan tiap semester ini sebagai bentuk kontribusi perguruan tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat.

“USM mempunyai harapan agar mahasiswa punya kepedulian terhadap lingkungan sekitar melalui pemanfaatan ilmu yang mereka miliki, salah satunya ya melalui penerapan mata kuliah yang bisa bermanfaat bagi UMKM,” ujar Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi, Prind Tri Ajeng. (ade)


Artikel yang berjudul “Mahasiswa USM Ciptakan Aplikasi Kasir Berbasis Web untuk UMKM – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.