Penjual Oleh-oleh Haji di Tegal Ketiban Berkah – Kilasbaca.com

TEGAL – Musim ibadah haji membawa berkah bagi penjual oleh-oleh haji di Kota Tegal, Sabtu (13/7/2019). Mereka meraup keuntungan berlipat, karena banyaknya permintaan dari para jemaah calon haji. Salah satunya dirasakan pemilik toko oleh-oleh haji Al Haromain, di Jalan Sultan Agung.

Seorang pembeli tengah memilih sajadah berukuran kecil di sebuah toko perlengkapan dan oleh-oleh haji. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Alhamdulillah omzet penjualan meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari-hari biasa,” ujar pemilik toko, Hj Syarifa Zahra Ahmad kepada metrojateng.com.

Menurutnya, para pembeli sebagian besar adalah calon jemaah haji atau keluarganya. Ada beragam oleh-oleh yang diburu para pembeli. Di antaranya, kurma, kacang arab, kacang fustuk, cokelat, kismis serta air zam-zam. Selain itu juga perlengkapan ibadah seperti sajadah dan tasbih.

Selain eceran, ada juga oleh-oleh dalam kemasan paket hemat yang dibanderol Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu. Biasanya, paket tersebut terdiri dari kurma, kismis, air zam-zam dan pewarna kuku. Oleh-oleh paket hemat ini banyak diminati para calon jemaah haji karena simpel namun tetap menarik.

“Banyak yang sudah pesan jauh sebelum musim haji. Tetapi, barangnya nanti diambil satu minggu menjelang kepulangan haji,” pungkasnya.

Ditambahkan Hj Syarifa, air zam-zam, kismis serta jenis kacang-kacangan dari tanah arab paling banyak diburu karena merupakan makanan khas dari daerah timur tengah. Bahkan, saat musim haji saat ini, dirinya mampu menjual 500 botol air zam-zam ukuran kecil setiap hari.

“Khusus air zam-zam dan kacang-kacangan arab, harganya naik dua kalilipat. Air zam-zam ukuran botol kecil dari Rp 15 ribu menjadi Rp 30 ribu. Sedangkan botol galon besar dari Rp 350 ribu menjadi Rp 500 ribu,” tutupnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli, Sri Wijayatni mengaku sudah memesan sejumlah buah tangan haji untuk orang tuanya. Nantinya, buah tangan tersebut akan dibagikan kepada para kerabat serta sanak saudara.

“Beli di sini lebih praktis dan relatif murah. Apalagi seperi air zam-zam yang dibawa dari Tanah Suci terbatas. Kalau memaksakan beli di Makkah takutnya malah orang tua saya kerepotan bawanya,” tutur Sri. (MJ-10)


Artikel yang berjudul “Penjual Oleh-oleh Haji di Tegal Ketiban Berkah – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.