Satpol PP Buru Pembuang Limbah Misterius – Kilasbaca.com

Petugas mencurigai limbah tersebut merupakan hasil aktivitas pabrik minyak. Namun belum bisa dipastikan pabrik mana yang menghasilkan limbah tersebut.

SEMARANG –  Limbah padat yang dibuang di bantaran Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) Semarang beberapa hari lalu, hingga kini belum diketahui siapa pembuangnya. Limbah kimia tersebut sangat berbahaya apabila terlarut dalam air saat hujan. Terlebih lagi lokasi penemuan berdekatan dengan PDAM Tirta Moedal yang dikhawatirkan mencemari air baku untuk masyarakat.

Satpol PP Kota Semarang menemukan limbah padat di bantaran Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) di daerah Manyaran yang mencemari sumber air baku PDAM Tirta Moedal, Senin (8/7/2019). Foto: metrojateng.com/ade lukmono

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang masih memburu siapa pelaku yang membuang limbah tersebut. Berdasarkan identifikasi awal, petugas mencurigai limbah tersebut merupakan hasil aktivitas pabrik minyak. Namun belum bisa dipastikan pabrik mana yang menghasilkan limbah tersebut.

Kabid Penegak Peraturan Perundang-undangan Daerah (PPUD) Satpol PP Kota Semarang, Marthen Dacosta mengaku segera memanggil beberapa pabrik yang dicurigai tersebut. Secara kasat mata, limbah tersebut mirip dengan minyak yang membeku. Meskipun tidak berbau tapi bisa mengakibatkan gatal di kulit jika tersentuh.

“Kami akan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengidentifikasi pabrik yang berpotensi menghasilkan limbah tersebut,” ungkapnya, Rabu (10/7/2019).

Untuk saat ini, lanjut Marthen, pihaknya mengevakuasi limbah tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang. Namun limbah tersebut akan dipisah dengan sampah lainnya agar tidak terjangkau oleh ternak yang biasa mencari makan di sekitar TPA Jatibarang.

Beberapa limbah yang sudah terlanjur mencair dan masuk ke tanah terpaksa diuruk dengan tanah. Beberapa yang masih bisa dievakuasi diangkut menggunakan dua unit truk. (ade)


Artikel yang berjudul “Satpol PP Buru Pembuang Limbah Misterius – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.