Semarang Zoo Tampung Kasuari Hasil Evakuasi dari Tambaklorok – Kilasbaca.com

SEMARANG – Semarang Zoo atau yang dulunya bernama Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang menambah dua koleksi hewan dilindungi berupa Burung Kasuari. Dua unggas tersebut awalnya dievakuasi oleh Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah dari seorang warga di Tambaklorok.

BKSDA Provinsi Jateng mengevakuasi dua burung kasuari dari Tambaklorok kemudian dititip rawatkan di Semarang Zoo. Foto: dokumentasi

Manager Keuangan, Personalia dan Operasional Semarang Zoo, Acti Evan Anthadona menjelaskan kondisi kedua burung asal Papua tersebut secara umum baik. Namun pihaknya masih perlu memperhatikan secara seksama kondisi dua satwa baru tersebut.

Acti menambahkan, status dua burung bernama latin casuarius-casuarius tersebut adalah titip rawat dari BKSDA Provinsi Jawa Tengah. Dengan demikian, total burung Kasuari di Semarang Zoo saat ini adalah berjumlah 12 ekor.

“Jenisnya Kasuari Gelambir Ganda. Untuk jenis kelaminnya kami belum tahu secara pasti sebelum tes DNA terlebih dahulu,” kata dia, Rabu (10/7/2019).

Sebelumnya, BKSDA Provinsi Jateng mengevakuasi dua burung kasuari tersebut dari seorang warga Tambaklorok yang memeliharanya dalam sebuah kandang. Kandang tersebut menjadi satu dengan kambing peliharaan warga tersebut.

Burung pemakan biji-bijian tersebut di dalam kandangnya memakan-makanan yang sama dengan kambing, yaitu makanan sisa dari hotel dan restoran di Semarang yang diolah kembali oleh pemilik.

Mengendus aktivitas tersebut, kemudian BKSDA Provinsi Jateng mengevakuasi dua burung dilindungi tersebut dengan tim dari Semarang Zoo untuk dipindahkan. Pemilik bersikap kooperatif saat proses evakuasi. (ade)


Artikel yang berjudul “Semarang Zoo Tampung Kasuari Hasil Evakuasi dari Tambaklorok – Kilasbaca.com” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Powered by Blogger.